Pengantar

Dengan kemajuan teknologi saat ini, segala aspek kegiatan sudah banyak memanfaatkan teknologi informasi untuk membantu memudahkan aktifitas pekerjaan baik untuk perorangan maupun untuk perusahaan. Dengan segala tuntutan yang harus diemban oleh PDAM dalam pelayanan air bersih kepada masyarakat, maka teknologi informasi sangat diperlukan dalam menunjang dan peningkatan pelayanan tersebut.

Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi tersebut adalah processing data menggunakan komputer dengan berbasis peta bumi (geographic) yang dikenal dengan Geographic Information System (GIS). Seluruh asset perusahaan yang penting, khususnya pipa dan sambungan langganan yang sudah dipasang dapat terarsipkan dan terpetakan dalam sytem GIS ini.

Terbangunnya GIS di PDAM-PDAM se-Propinsi Banten bermula dari penerapan GIS di PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang pada tahun 2000. Penerapannya dilandasai oleh kerjasama dengan Amsterdam Water Supply (AWS) Belanda yang kemudian dikenal dengan nama Twinning Programme. Bentuk kerjasama berupa technical support dan bantuan seperti Peta dasar digital skala 1:1.000 dan instal software serta training mengenai GIS oleh tenaga ahli dari AWS kepada Sub Bagian GIS.

Kerjasama ini kemudian berlanjut ke tahap yang lebih besar yaitu dengan PDAM-PDAM yang berada di Propinsi Banten yang tergabung dalam DPD Perpamsi Propinsi Banten. Kerangka kerjasama ditandatangi pada tahun 2003 antara DPD Perpamsi Propinsi Banten dengan Amsterdam Water Supply (AWS) yang kemudian berganti nama menjadi WaterNet. Salah satu programnya adalah pembangunan GIS di PDAM-PDAM se Propinsi Banten. Penerapan GIS dilakukan dengan system yang sama dengan GIS yang dibangun di PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang mulai dari metode, peta dasar dan software GIS.

Media ini kami harapkan dapat memberikan gambaran mengenai implementasi GIS di PDAM-PDAM yang berada di Propinsi Banten meliputi penggunaan, manfaat, metode dan aplikasi lainnya.

Tim GIS Perpamsi Banten

This entry was posted in Profil. Bookmark the permalink.

One Response to Pengantar

  1. Mr WordPress says:

    Hi, this is a comment.
    To delete a comment, just log in, and view the posts’ comments, there you will have the option to edit or delete them.

Comments are closed.