South Exchange GIS di Perpamsi Kaltim

Transformasi hasil Twinning Programme, Logo South Indonesia (VNG International) laksanakan South-South Exchange Bidang GIS, Instalasi Pengolahan Air dan Sistim Distribusi (Air Scouring) di DPD Perpamsi Kalimantan Timur

Dalam rangka implementasi hasil Twinning untuk bidang GIS, Produksi dan Distribusi (Air scouring) yang telah dilaksanakan selama ini, Logo South Indonesia laksanakan South-south Exchange dimana untuk tahap awal ini diselenggarakan pada tanggal 10 – 11 Agustus 2009 di hotel Mesra Internasional di Kota Samarinda yang diikuti oleh 79 peserta perwakilan dari 12 PDAM di Kalimantan Timur. Instruktur berasal dari Tim GIS DPD Perpamsi Banten, PT. Tirta Sumut dan PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor.

Kegiatan training dibuka secara resmi oleh Ketua DPD Perpamsi Kalimantan Timur, H. Sayyid Faturrahman. Hadir dalam acara pembukaan antara lain Anggota Badan Pengawas PDAM Kota Samarinda, Sekretaris DPD Perpamsi Kalimantan Timur H. Yusni Yasin, Koordinator Nasional Logo South Indonesia Bebi R. Sutomo, Perwakilan World Waternet H. Ade Bahrul Hayat dan pejabat dari PDAM-PDAM yang menjadi peserta. Kegiatan diikuti oleh 79 peserta perwakilan dari 12 PDAM di Kalimantan Timur antara lain PDAM Kota Samarinda, PDAM Kota Balikpapan, PDAM Kabupaten Kutai Kartanegara, PDAM Kabupaten Bulungan, PDAM Kota Tarakan, PDAM Kabupaten Nunukan, PDAM Kabupaten Berau, PDAM Kabupaten Penajam Paser Utara, PDAM Kabupaten Kutai Timur, PDAM Kabupaten Bontang, PDAM Kabupaten Kutai Barat dan PDAM Kabupaten Paser.

Untuk efektifitas training, metodenya dibagi dalam 3 kelas, yaitu kelas training GIS, kelas training Produksi dan kelas training Distribusi, dimana untuk masing-masing kelas terdiri dari 20 – 25 orang peserta. Kepada para peserta diberikan Pre test dan Post test yaitu kuisioner mengenai pengetahuan dasar peserta terhadap topik training.

Kuisioner ini diberikan sebelum dan sesudah training. Dari kuisioner ini dapat diketahui apakah para peserta sebelumnya telah mengetahui dan memiliki pengetahuan terhadap topik training atau belum, selain itu dari perbandingan kuisioner sebelum dan sesudah training dapat memberikan gambaran tentang apakah ada peningkatan pengetahuan para peserta terhadap materi training.

Training GIS diikuti oleh 21 orang peserta yang sebagian besar berasal dari bagian Distribusi dan Perencanaan, bertindak sebagai instruktur adalah Ahmad Rizal dari Sub Bagian GIS PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang yang juga anggota GIS Perpamsi Banten, hal ini dikarenakan PDAM Tirta Kerta Raharja termasuk salah satu PDAM yang telah mengimplementasikan GIS dalam kegiatan operasionalnya dengan technical support dari Waternet Belanda.

Materi training difokuskan pada pengertian GIS, tahapan pembangunan GIS, pentingnya pengelolaan jaringan perpipaan bagi PDAM, metode pengumpulan dan pengukuran posisi (field sketches) jaringan perpipaan dan accessories, inventarisasi data as built drawing dan praktek penggunaan software aplikasi GIS (Bentley Powermap dan Aquarta).

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s