VNG INTERNATIONAL DAN DPD PERPAMSI PROPINSI BANTEN SELENGGARAKAN TRAINING GIS & RESOURCES “ IMPROVING THE CAPACITY OF PDAM “ BAGI PDAM DI INDONESIA

Sejalan dengan berlangsungnya kegiatan Twinning Programme antara DPD Perpamsi Propinsi Banten dengan Waternet & RIWA dari Belanda yang didukung oleh VNG International dengan program Logo South Indonesia untuk bidang GIS dan bidang Resources, maka pada tanggal 28 – 29 Juli 2008 yang lalu dilaksanakan kegiatan training GIS dan Resources di PDAM Tirta Kerta Raharja Kabupaten Tangerang yaitu training mengenai pemetaan jaringan pipa secara digital (komputerisasi) dan pengelolaan sumber air baku. Training ini diprakarsai oleh VNG International dengan program Logo South Indonesia. Training ini merupakan tahap kedua dimana sebelumnya diadakan training yang sama yaitu bulan Nopember 2007.

Acara training dibuka secara resmi oleh Bapak Subekti selaku Ketua DPD Perpamsi Banten serta dihadiri oleh Ibu Bebi Sutomo dari VNG International selaku Koordinator Logo South Indonesia, Bapak H. Agus Hikmat selaku Wakil Ketua DPD Perpamsi Banten dan Bapak H. Ade Bahrul Hayat selaku Sekretaris Twinning Programme. Pada sambutannya Bapak Subekti memberikan pandangan mengenai profil PDAM-PDAM di Propinsi Banten serta program kerja dari DPD Perpamsi Propinsi Banten salah satunya berupa kegiatan kerjasama pengembangan teknologi air minum dengan pihak Waternet dan RIWA dari negara Belanda yaitu untuk bidang GIS, Resources, Planning, Produksi, UFW/NRW dan Asset Management.

Khusus untuk bidang GIS beliau menjelaskan betapa pentingnya menginventarisasi data-data jaringan pipa eksisting yang dimiliki PDAM dimana kondisi saat ini banyaknya data-data perpipaan yang tidak termonitor dan terstruktur secara baik dalam bentuk as built drawing serta masih banyaknya data yang tersimpan hanya dalam memori/ingatan personil PDAM yang tentunya sangat riskan keberadaannya, disisi lain kebutuhan akan data-data jaringan perpipaan sangat dibutuhkan dalam kegiatan operasional PDAM seperti untuk pendukung penanggulangan kebocoran, penghitungan sistim aliran air (hidrolika air) serta rencana pengembangan jaringan. Sementara itu untuk Resources, Bapak Subekti yang juga Direktur Umum di PDAM Kabupaten Tangerang ini menuturkan mengenai kondisi air baku yang saat ini digunakan PDAM masih jauh dari kategori layak pakai, baik kualitas, kuantitas maupun kontinuitasnya. Hal ini tentu saja membutuhkan pengelolaan yang baik dari semua pihak terkait. Oleh itu selaku pengguna air baku, maka PDAM dituntut untuk mengetahui secara menyeluruh kondisi-kondisi air baku tersebut, dan dengan program Resources ini diharapkan data-data air baku dapat terinventarisir.


Peserta Training
Kali ini training tidak hanya diikuti oleh PDAM yang berada di Propinsi Banten tapi diikuti juga oleh PDAM-PDAM di Propinsi Jawa Barat seperti PDAM Kabupaten Garut, PDAM Kabupaten Purwakarta, PDAM Kota Bogor, PDAM Kabupaten Bogor, PDAM Kabupaten Bandung, PDAM Kabupaten Cirebon, PDAM Kabupaten Kuningan, PDAM Kabupaten Sumedang, PDAM Kabupaten Tasikmalaya, PDAM Kabupaten Subang, serta PDAM dari Propinsi lain seperti PDAM Kota Bengkulu, PDAM Kota Semarang dan PDAM Kota Tarakan. Untuk fasilitas peserta selama mengikuti training ditanggung sepenuhnya oleh VNG International.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.