Penerapan GIS di PDAM

GIS dipergunakan untuk penggambaran, editing, monitoring dan evaluasi jaringan perpipaan dan data pelanggan dengan menggunakan peta digital yang bergeoreferensi dengan sistim komputerisasi.

GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu “Aset” terbesar PDAM yang berpengaruh  besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan kinerja perusahaan.

Seluruh data-data jaringan dan pelanggan manual dikomputerisasi sehingga datanya aman, lebih didayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi.

Faktor – faktor mengapa PDAM membutuhkan GIS :

A. Faktor Internal

  • Masih tingginya tingkat kehilangan air, salah satunya karena kurangnya monitoring dan evaluasi jaringan perpipaan
  • Hampir seluruh Pipa PDAM tertanam dalam tanah, sehingga diperlukan pengelolaan data lokasi pipa tersebut
  • Hampir semua data Pipa PDAM “berada” dalam ingatan pegawai, hal ini tentu akan menimbulkan masalah saat pegawai tersebut “lupa” atau ‘Pensiun” sehingga harus cepat-cepat di inventarisir datanya.
  • Minimnya data-data jaringan perpipaan terutama as built drawing, sementara kebutuhan akan data-data sangat dibutuhkan dalam menunjang kegiatan operasional PDAM
  • Minimnya kepedulian pegawai PDAM terhadap data-data jaringan pipa

B. Faktor Eksternal

  • Cepatnya perubahan fisik di lapangan yang mempengaruhi data posisi pipa seperti : Pelebaran jalan, pengaspalan, jalan, Penambahan bangunan, rumah, perkantoran,  Perubahan lahan kosong menjadi perumahan, dll. Pipa yang dahulu ditanam di pinggir jalan sekarang banyak yang beralih lokasi ditengah jalan.
  • Adanya pemekaran wilayah, yang terkadang diikuti dengan pembentukan PDAM baru di area pelayanan PDAM lama, dimana terkadang dalam satu jalur utilitas/jalan terdapat dua pipa milik masing-masing PDAM sehingga memberikan kesulitan untuk mengidentifikasi kepemilikan pipa. Untuk itu  tiap-tiap PDAM diharuskan memiliki data yang benar terhadap lokasi pipanya tersebut.
  • Perkembangan perusahaan lain pengguna utilitas yang sama dengan PDAM seperti Telkom, PLN, dll.

Manfaat GIS bagi PDAM :

  • Data-data jaringan pipa dan accessories tersimpan  dengan    aman dan terstruktur dengan proses pengeditan atau   pengolahan secara cepat, akurat dan efisien.
  • Membantu penanganan kebocoran air.
  • Membantu pembuatan rencana pemasangan dan relokasi   jaringan pipa serta accessories.
  • Bahan   pengambilan     keputusan     bagi     manajemen     untuk  peningkatan pelayanan.
  • Penyediaan data untuk pembacaan water meter pelanggan   (RBM).
  • Data pendukung penghitungan hidrolis air.
  • Data pendukung UFW, Zoning System, dan lain-lain.