Tim GIS Banten

Pembentukan Tim Twinning

Pembentukan kelompok-kelompok spesialis/ahli, secara strategis dipilih dengan tujuan untuk memaksimalkan dalam penggunaan pengetahuan existing dan untuk memperkuat kerjasama antara sesama anggota DPD Perpamsi Banten. Dengan kondisi seperti ini suatu forum diciptakan dengan saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dengan ide/gagasan baru dapat didiskusikan. Diskusi ini dilaksanakan antar anggota DPD Perpamsi Banten dengan atau tanpa pihak WaterNet.

Tim GIS Perpamsi Banten adalah kumpulan personil GIS yang berasal dari PDAM dan Mitra Swasta yang menjadi anggota Perpamsi Banten. Tim ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Ketua DPD Perpamsi Banten yang bertanggungjawab dalam mengimplementasikan dan mengembangkan GIS di perusahaan masing-masing dengan technical support dari Tim GIS Waternet Belanda. Kerjasamanya dibentuk dalam Twinning Programme DPD Perpamsi Banten dengan World Waternet Belanda.

Tim GIS Perpamsi Banten

Tim GIS terdiri dari para pegawai di bidang GIS dari masing-masing PDAM yang digabung menjadi satu tim GIS yang dibentuk oleh Perpamsi Banten yang bertugas dan bertanggungjawab sebagai berikut :

  1. Mengikuti setiap kegiatan GIS pada saat misi Tim GIS Waternet Belanda di Banten atau pada saat tugas belajar ke Belanda .
  2. Mengimplementasikan GIS di PDAM masing-masing dengan metode dan aplikasi GIS yang sama.
  3. Saling bertukar pengetahuan mengenai perkembangan tehnologi GIS satu sama lain.
  4. Melakukan koordinasi dalam penyusunan rencana kerja penerapan GIS dan pengembangannya.
  5. Melaksanakan dan mengikuti training GIS yang dilaksanakan oleh Perpamsi Banten dan Waternet baik di Banten maupun di Belanda.
  6. Membentu GIS Center di Perpamsi Banten

Dengan dibentuknya Tim GIS ini maka semua hal yang berkaitan dengan GIS dilaksanakan secara bersama-sama sehingga antar PDAM terjalin kerjasama yang baik dan saling membantu dalam penerapan GIS.

Sebagai contoh, untuk PDAM yang memiliki dukungan perangkat komputer GIS memadai akan mencoba memberikan solusi kepada PDAM lain yang belum memadai komputernya dengan “meminjamkan” terlebih dahulu perangkat komputer untuk pendigitasian peta dasar dan jaringan dengan batasan jangka waktu yang disepakati bersama. Atau ada personil Tim GIS yang memiliki keahlian mendigitasi peta dasar, melakukan bantuan berupa mendigitasi peta dasar bagi PDAM yang personilnya belum memiliki keahlian membuat peta dasar.

Daftar Anggota Tim GIS Perpamsi Banten :

  1. IKHWAN KURNIAWAN – PDAM Kota Cilegon
  2. PRILIO RISTYA – PDAM Kota Cilegon
  3. HERI HARIRI – PDAM Kota Cilegon
  4. A. IDA TENRILENGKA – PDAM Kabupaten Tangerang
  5. AHMAD RIZAL JOHAR – PDAM Kabupaten Tangerang
  6. HERI SUDRAJAT – PDAM Kabupaten Serang
  7. TATA SURAHMAT – PDAM Kabupaten Serang
  8. IWAN S. – PDAM Kabupaten Serang
  9. SUMAKIR – PDAM Kabupaten Lebak
  10. REZA A. NURIANSYAH – PDAM Kabupaten Lebak
  11. TOMMY HERDIANSYAH – PDAM Kota Tangerang
  12. HENDRIK – PDAM Kota Tangerang
  13. MAULIDA RAHMAH – PDAM Kabupaten Pandeglang
  14. ROMLI RUSDIANA – PDAM Kabupaten Pandeglang
  15. DIMAS IQBAL – PDAM Kabupaten Pandeglang
  16. UCOK SITORUS – PT. Jakartabaru Cosmopolitan
  17. SUGITO – PT. BSD City
  18. AGUS SUSTIONO – PT. BSD City
  19. PT. Krakatau Tirta Industri